Pengertian, fungsi, dan macam macam penyakit ginjal

Pengertian ginjal

Ginjal merupakan salah satu organ penting bagi tubuh manusia. Kerusakan yang terjadi pada ginjal dapat menurunkan fungsi ginjal itu sendiri. Penurunan dari fungsi ginjal dapat menimbulkan berbagai macam masalah, bahkan dapat menimbulkan komplikasi. Sangat Penting untuk mengenali gejala awal pada penyakit ginjal, agar tidak terlambat dalam menanganinya.


Fungsi ginjal yaitu untuk menyaring darah yang mengalir dari seluruh tubuh. Dari penyaringan ini, ginjal akan memisahkan racun, mengatur keseimbangan elektrolit, dan mengontrol keseimbangan cairan dalam tubuh. Darah yang disaring ini kemudian akan keluar dari tubuh dalam bentuk urine. Seperti yang disebutkan di atas, kerusakannya dapat menurunkan fungsi ginjal. Beberapa penyakit ginjal pun memiliki kemungkinan untuk muncul. Seperti infeksi ginjal, gagal ginjal, batu ginjal, kista ginjal, hingga kanker ginjal.

Gejala awal penyakit ginjal yang harus di waspadai

Perhatikanlah beberapa gejala awal penyakit ginjal di bawah ini. Segera periksakan diri ke dokter jika Anda merasa ada beberapa gejala yang Anda rasakan seperti :

kulit pucat.
Kulit gatal dan sangat kering.
Nafsu makan menurun.
Mual dan muntah.
Urine sedikit.
Bengkak di beberapa bagian tubuh. Seperti mata dan pergelangan kaki.
Terjadinya kram otot. Khususnya kram otot bagian kaki.
Napas pendek atau munculnya rasa lelah yang terus menerus.
Bau napas tidak enak dan tercium seperti bau urine.
Mengalami tekanan darah tinggi (hipertensi).

Sedangkan jika penyakit ginal ini terjadi pada anak, gejala awal nya adalah sering mengantuk, nafsu makan berkurang, pertumbuhan lambat,dan meningkatnya rasa lelah.

Berikut ini macam macam penyakit ginjal

1. Batu Ginjal

Batu ginjal merupakan salah satu penyakit pada ginjal yang diakibatkan adanya endapan pada asam urat dan juga garam kalium di bagian dalam ginjal yang selanjutnya akan mengalami proses pembentukan kalsium karbonat sehingga akan membuat aliran urine menjadi terhambat dan bisa membuat rasa nyeri.

2. Uremia

Uremia merupakan salah satu penyakit pada ginjal yang diakibatkan adanya timbunan urea di bagian dalam darah sehingga dapat menyebabkan keracunan. Penyakit ini bisa dikatakan akibat dari penyakit gagal ginjal yang bisa menimbulkan urea menjadi tidak bisa dikeluarkan dari dalam tubuh dan kemudian akan menumpuk di bagian dalam darah.

3. Pyelonephritis

Pyelonephritis merupakan salah satu penyakit pada ginjal yang dikarenakan terjadinya peradangan terhadap jaringan ginjal dan juga pelvis. Pyelonephritis diakibatkan karena bakteri dan bisa menjadi penyakit kronis. Penyakit ini bisa saja mengalami penyebaran sampai ke bagian utama dari ginjal dan selanjutnya mengakibatkan gagal ginjal.